Array, Class, Looping Function

Selain tipe data standar, Unity juga mampu mengenali tipe data lain seperti array atau bahkan tipe data buatan seperti struct.


Istilah looping digunakan untuk perintah pengulangan, pada pembahasan materi kali ini bukan membahas fungsi for atau while yang biasa digunakan tetapi sebuah pengulangan perintah yang dilakukan berdasarkan interval tertentu menggunakan fungsi InvokeRepeating().








Mari kita mencoba membuat project baru atau dapat hanya menambah scenes jika sebelumnya telah membuat project. Contohnya seperti pada gambar diatas.



Selanjutnya saya membuat folder baru bernama script yang diletakkan pada assets caranya dengan klik kanan assets > folder. Kemudian buat script C# dalam folder script. Script tadi beri nama file dengan "BelajarArray.cs". Ingat nama file dan class pada script harus sama agar dapat di proses. Ketikan script seperti pada gambar diatas.



Pastikan script yang diketik sesuai dengan contoh agar dapat dilanjutkan ke tahap berikutnya. Kemudian file script "BelajarArray.cs" drag and drop pada Main Camera di jendela Hierarchy. Jika tidak ada kesalahan, maka buka Inspector MainCamera, lalu isi Size pada ArrayAngka, misalnya “3” lalu isi element 0, 1, dan 2 dengan bilangan bulat. Selanjutnya jalankan game dan perhatikan hasilnya.



Selanjutnya buat script C# beri nama "ArrayClass.cs". Ketikan script seperti pada contoh diatas. Kemudian file script "ArrayClass.cs" di drag and drop ke main camera.

Jika tidak ada kesalahan maka pada inspector Main Camera akan ada dua script Belajar Array dan Array Class. Berikutnya isi bilangan pada parameter Size pada ArrayClass, misalnya “3”, maka akan ada 3 element yang harus diisi, masing - masing element akan ada ID dan Isi yang harus di input. Silahkan di input dan jalankan Game, lalu perhatikan hasilnya.


Pada saat game dijalankan maka akan tampil seperti pada gambar diatas.






Selanjutnya membuat script yang diberi nama "FungsiLooping.cs". Ketikkan script seperti pada contoh di atas. Lalu uncheck script BelajarArray dan ArrayClass pada Inspector MainCamera, dan pastikan script FungsiLooping masih checklist.
Kemudian drag and drop ke Hierarchy Main Camera.

Selanjutnya jalankan game dan perhatikan hasilnya. Pada saat dijalankan pada game tersebut akan tampil Hitung Mundur pada detik tertentu seperti pada gambar dibawah.





Komentar

Postingan Populer