Inputan Pada Pembuatan Game
Pada umumnya di dalam sebuah game komputer digunakan banyak tombol, baik yang ada pada mouse maupun di keyboard. Materi ini akan membahas bagaimana Unity mendeteksi penekanan tombol tersebut. Unity memiliki banyak cara dalam mendeteksi tombol tekan oleh player.
Kita buat project baru atau dapat membuat scene baru. Kemudian buat script C# dengan beri nama file "InputMouse.cs". Ketikkan script seperti pada contoh gambar di atas.
Kemudian drag and drop ke object Main Camera. Jika tidak ada kesalahan maka akan tampil script "Input Mouse" pada inspector object main camera seperti pada gambar di atas. Lalu coba jalankan game tersebut dan perhatikan hasilnya.
Pada gambar di atas merupakan saat game di running maka akan muncul status penginputan mouse, terdiri dari tombol klil kiri/kanan, scroll, dan koordinat DPI perpindahan mouse.
Selanjutnya buat script yang berfungsi untuk penginputan keyboard, ketikkan seperti pada contoh gambar di atas. Kemudian script yang telah di buat di drag and drop ke object Main Camera.
Jika tidak ada kesalahan maka akan tampil script "Input Keyboard" pada inspector object Main Camera. Pada script Input Mouse coba uncheck dan check pada script Input Keyboard lalu jalankan game dan perhatikan hasilnya.
Pada gambar diatas merupakan hasil output saat game di jalankan. Terdapat informasi tombol keyboard yang ditekan. Untuk settingan tombol pilihan user dapat diganti pada inspector object main camera.
Komentar
Posting Komentar