Membuat Game Menggunakan Game Engine


Pernah dengar istilah game engine dalam proses pembuatan game? Apa yang terbayang ketika mendengar istilah game engine?



Game engine adalah sebuah perangkat lunak atau bisa berdiri sebagai library yang dapat digunakan untuk membuat game.
Adapun fungsi-fungsi dasar yang ada di dalam game engine bisa dilihat pada daftar di bawah ini: 
  • rendering baik 2D maupun 3D (bisa salah satu atau bisa keduanya)
  • physics engine
  • pengatur audio
  • scripting
  • pengatur dan penampilan animasi
  • networking dan streaming data
  • pengaturan memori
  • pengaturan grafis

Salah satu game engine yang saya gunakan, yaitu unity.

Unity merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan game multi platform yang didesain untuk mudah digunakan. Unity itu bagus dan penuh perpaduan dengan aplikasi yang profesional. Editor pada Unity dibuat degan user interface yang sederhana. Unity mendukung banyak sekali bahasa pemrograman dari C++, C#, Lua , JavaScript sampai Unity Script. 

Dalam menggunakan software untity maka harus selalu terhubung dengan internet. Pada saat pertama kali membuka unity maka akan muncul form login atau daftar jika belum memiliki akun.


Kemudian jika telah login maka akan muncul form untuk membuat project baru atau membuka project.

Ini merupakan interface dalam project unity yang terdiri dari beberapa bagian.

Toolbar digunakan untuk memanipulasi Scene View dan objek-objek di dalamnya. Fungsinya beragam, yakni dari memindahkan posisi, rotasi, hingga skala.
Hierarchy Window digunakan untuk melihat daftar GameObject apa saja yang ada di dalam scene. Setiap objek yang ada di scene pasti masuk di Hierarchy.
Scene Window digunakan untuk melihat secara keseluruhan objek yang digunakan di game. Scenes Window juga dapat mengedit objek, baik itu dalam hal posisi, rotasi maupun skala.
Game View digunakan untuk melihat hasil akhir dari game yang nantinya akan ditampilkan di layar user.
Inspector Window digunakan untuk mengedit semua properties pada objek yang aktif.
Project Window digunakan untuk menampilkan daftar asset yang dapat digunakan dalam project Anda. Ketika menambahkan asset baru, ia akan muncul di Project Window.
Console Window digunakan untuk mengetahui log dalam script serta informasi error dan peringatan yang ada di dalam script.
Pengaturan Assets
Pada Project Window kita dapat mengelola file yang akan kita gunakan selama pembuatan Game. File yang sering digunakan diantaranya Scenes, Script, Gambar, Audio, dll.
Selain file, kita dapat mengatur folder supaya penempatan file lebih rapi. Umumnya file scenes akan disimpan dalam satu folder scenes, file script disimpan dalam satu folder script, dst.



Pada gambar diatas merupakan tampilan dari assets store. Disini kita bisa mendapatkan/mendownload assets yang dibutuhkan pada pembuatan game. Terdapat assets yang free maupun berbayar.



Selanjutnya coba kita tambahkan object terrain dengan klik tool game object dan memilih pada 3D Object lalu pilih terrain untuk dasar alas nya.



Pada terrain tadi dapat kita tambahkan object lain seperti pada gambar di atas kita tambahkan object cube untuk alas nya dan object tersebut dapat dirubah tampilan background nya baik menggunakan drag and drop menggunakan image dari directory kita maupun settingan dari tools inspector unity.





Selanjutnya kita dapat menambahkan beberapa object lain, pada gambar di atas menggunakan assets yang sebelumnya di download dan di impor melalui assets store pada unity.



Sedangkan untuk membuat script klik assets kemudian create dan klik C# Script. Untuk pilihan editornya dapat diatur melalui edit > preferences >External Tools > External Script Editor. Jika ingin mengedit script maka disarankan editor nya disamakan dengan setingan pada unity agar script yang kita buat dapat berjalan dengan baik.


Untuk penambahan script pada object yang diinginkan dapat melalui inspector > add component > script dan pilih script yang akan ditambahkan.


Gambar di atas kondisi saat game yang telah dibuat kemudian di running.

Sekian tutorial basic membuat game dengan unity game engine, semoga bermanfaat, mohon maaf bila ada kekurangan, dan semoga dapat dikembangkan pada tutorial selanjutnya.




Komentar

Postingan Populer