Shooting Target Unity
Hello, kali ini saya akan membagikan materi tentang pembuatan shooting target menggunakan unity.
Materi kali ini membahas kembali fungsi Instantiate(). Jika pada materi sebelumnya bola yang dibuat secara run time dibiarkan jatuh begitu saja, kali ini bola-bola tersebut akan dilemparkan menuju sebuah sasaran.
Unity dilengkapi dengan event standar untuk mendeteksi dua buah GameObject yang berbenturan, salah satunya adalah CollisionDetection.
Pertama, buatlah project baru di Unity atau cukup scene baru saja jika masih ingin menggunakan project yang sudah digunakan dalam materi sebelumnya. Tambahkan sebuah Plane dengan cara klik menu GameObject > 3D Obect > Plane.
Atur posisi plane dan camera menggunakan gizmo sehingga didapat tampilan seperti gambar dibawah.
Atur posisi plane dan camera menggunakan gizmo sehingga didapat tampilan seperti gambar dibawah.
Kemudian pada Main Camera tambahkan Empty Child dengan cara klik Main Camera > Game Object > Create Empty Object.
Kemudian tambahkan sebuah Capsule atau objek apapun untuk menjadi target sasaran tembak, lalu centang pilih Is Trigger pada objek tersebut.
Letakkan objek sasaran berada pada sebrang Main Camera sehingga tampak seperti berikut ini.
Buat sebuah 3D text dengan cara klik menu GameObject -> 3D Object -> 3D Text.
Ganti tulisan “Hello World” dengan “Bingo!” lalu tempatkan 3D Text tersebut tepat di atas Capsule dengan text mengarah ke main Camera.
Gunakan gizmo untuk dapat melakukannya
Berikutnya buat script C# dengan diberi nama "ShootingTarget.cs". Ketikkan script seperti pada gambar di bawah ini.
Pasang script ShootingTarget.cs pada GameObject Main Camera dan isilah parameter posisiTembak dengan EmptyGameObject yang menjadi Child Main Camera dan parameter Bola dengan prefab peluru. Ketika Game dijalankan, sebuah bola akan meluncur dari kamera setiap kali tombol spasi ditekan.
Selanjutnya buat script C# beri nama "Target.cs" lalu isi seperti berikut ini.
Pasang skrip Target.cs pada GameObject Capsule lalu isi kolom Text 3D dengan GameObject #d Text dan kolom pesan sesuai pesan yang ingin dimunculkan setiap bola mengenai target.
Sekarang permainan bisa dicoba kembali. Setiap bola mengenai Capsule maka akan muncul pesan dan score bertambah. Jika tidak, ubah Tag pada prefab Peluru menjadi "Bola".
Sekian pembahasan materi kali ini, semoga bermanfaat, sampai bertemu pada pembahasan materi berikutnya.
Universitas Budi Luhur
Komentar
Posting Komentar